Flame

Wednesday, January 30, 2019

Aqua Aromatica






Aqua Aromatica adalah larutan jenuh minyak atsiri atau zat yang beraroma dalam air. Diantara air aromatik, ada yang mempunyai daya terapi yang lemah, tetapi untuk digunakan sebagai pengawet. Air aromatik harus mempunyai bau dan rasa yang menyerupai bahan asal, bebas bau empirematic atau bau lain, tidak berwarna dan tidak berlendir. 
  • Cara pembuatan : 
    1. Larutkan minyak atsiri sejumlah yang tertera dalam masing-masing monografi dalam 60ml etanol 95%. 
    2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai volume 100ml sambil dikocok kuat.
    3. Tambahkan 500mg talkum, kocok, diamkan, saring.
    4. Encerkan 1 bagian filtrat dengan 39 bagian air. 
Etanol disini berguna untuk menambah kelarutan minyak atsiri dalam air. Talc berguna untuk membantu terdistribusinya minyak dalam air dan menyempurnakan pengendapan kotoran sehingga aqua aromatik yang dihasilkan jernih. 

Selain cara melarutkan seperti yang tertera dalam FI II, buku lain juga mencantumkan aqua aromatik adalah hasil samping dari pembuatan olea volatilia secara penyulingan sesudah diambil minyak atsirinya. 

Aqua aromatik yang diperoleh sebagai hasil samping pembuatan minyak atsiri secara destilasi dapat dicegah pembusukannya dengan cara mendidihkan dalam wadah tertutup rapat yang tidak terisi penuh diatas penangas air selama 1 jam. 
  • Pemerian aqua aromatik : cairan jernih, atau agak keruh, bau dan rasa tidak boleh menyimpang dari bau dan rasa minyak atsiri asal. 
  • Syarat untuk resep : jika air aromatik keruh, kocok kuat-kuat sebelum digunakan.
  • Penyimpanan : dalam wadah tertutup rapat, terlindung dari cahaya, ditempat sejuk. 
  • Khasiat : zat tambahan. Air aromatik yang tertera dalam FI II ada 3, yaitu : 
    1. Aqua Foeniculli, adalah larutan jenuh minyak adas dalam air. Dibuat dengan melarutkan 4g oleum foeniculli dalam 60ml etanol 95%, tambahkan air sampai 100ml sambil dikocok kuat, tambahkan 500mg talc, kocok, diamkan, saring. Encerkan1 bag filtrat dalam 39 bag air. Pemerian, penyimpanan sama seperti aqua aromatik. Syarat untuk resep : seperti aqua aromatik dan sebelum digunakan harus disaring dahulu. 
    2. Aqua Menthae Piperitae, adalah larutan jenuh minyak permen dalam air. Pembuatan : lakukan pembuatan menurut cara yang tertera pada aqua aromatik dengan menggunakan 2 g minyak permen dalam 60ml etanol 95%. 
    3. Aqua Rosae, adalah larutan minyak mawar dalam air. 
    4. Pembuatan : larutkan 1 g minyak mawar dalam 20ml etanol 95%, saring. Pada filtrat tambahkan air secukupnya hingga 5000ml, saring. Khusus untuk Aqua Foeniculli jangan disimpan ditempat sejuk karena etanol akan menghablur, jadi disimpan pada suhu kamar, kalau keruh kocok sebelum digunakan. Aqua foeniculli kalau menghablur harus dipanaskan pada suhu 25OC dan kemudian dikocok kuat, sebelum digunakan harus disaring.

No comments:

Post a Comment