Flame

Wednesday, January 30, 2019

Infusa







Infusa adalah sediaan cair yang dibuat dengan menyari simplisia nabati dengan air pada suhu 90 derajat celcius selama 15 menit.
  • Cara pembuatan
  1. Campur simplisia dengan derajat halus yang cocok dalam panci dengan air secukupnya, panaskan diatas tangas air selama 15 menit terhitung mulai suhu mencapai 90 derajat. Sambil sekali diaduk. Serkai dengan kain flanel selagi panas. 
  2. Tambahkan air panas secukupnya melalu ampas hingga diperoleh volume yang diinginkan
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan : 
  1. Jumlah simplisia, kecuali dinyatakan lain, infus mengandung 10% zat berkhasiat. 
  2. Derajat halus simplisia : Serbuk (5/8) Akar manis, daun kumis kucing, daun sirih, daun sena Serbuk (8/10) Dringo, kelembak Serbuk (10/22) Laos, akar valerian, temulawak, jahe Serbuk (22/60) Kulit kina, akar ipeka, sekale kornutum Serbuk (85/120) Daun digitalis 
  3. Banyaknya air ekstra Umumnya untuk membuat sediaan infus digunakan penambahan air sebanyak 2 kali berat simplisia. Air ekstra ini perlu karena simplisia yang dipakai umumnya kering.
  • Cara menyerkai 
  1. Umumnya infus diserkai selagi panas, kecuali yang mengandung minyak atsiri diserkai selagi dingin 
  2. Infus daun sena, asam jawa, dan yang mengandung lendir lain tidak boleh diperas. · Untuk decocta condurango diserkai panas, karena zat berkhasiatnya larut dalam air panas, akan mengendap dalam air dingin.
  3. Infus daun sena diserkai saat dingin karena mengandung zat yang dapat menyebabkan sakit perut larut dalam air panas, tetapi tidak larut dalamair dingin.
  4. Asam jawa sebelum dibuat infus dibuang bijinya dan diremas dengan air hingga masa seperti bubur. 
  5.  Buah adas manis dipecah dahulu. Bila sediaan tidak disebutkan derajat halusnya, diambil derajat kehalusan yang kekentalannya sama 5. Penambahan zat lain Pada pembuatan infus kulit kina ditambahkan asam sitrat 10% dari bobot zat berkhasiat dan pada infus simplisia yang mengandung glikosida antrakinon, ditambahkan natrium karbonat 10% dari bobot simplisia. 

No comments:

Post a Comment